Kab. Gresik (MTsN Gresik) – peserta didik MTs Negeri Gresik tengah melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan metode Computer Basic Test (CBT). “PAS dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2018 s/d 14 Desember 2018, ujian ini merupakan bentuk evaluasi dari hasil proses belajar mengajar selama satu semester" terang Muhammad Zainuri, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum.
PAS dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama diikuti oleh kelas 7 yang pelaksanaanya sudah tanggal 26 Nopember 2018. Tahap dua diikuti oleh kelas 8 yang pelaksanaanya mulai hari ini Senin 3 s.d 7 Desember 2018. Sedangkan untuk tahap tiga diikuti oleh kelas 9 yang pelaksanaanya masih tanggal 10 Desember 2018.
Pada tiap tahap dijadwalkan tiga sesi. Mengingat ruang Lab Komputer yang tersedia hanya tiga lokal. Masing-masing lokal terisi sekitar 40 PC/laptop. Untuk durasi waktu, setiap sesi di mulai pada pukul 7.15 s.d 9.15 bagi sesi satu, pukul 10.15 s.d 12.15 untuk sesi dua, dan pukul 12.55 s.d 14.55 untuk sesi tiga.
Setiap peserta didik wajib menjawab 40 soal berupa pilihan ganda. Soal tersebut diberikan ke peserta didik secara acak. Sehingga setiap anak mendapatkan soal yang berbeda-beda. Hal itu dilakukan guna meminimalisir kecurangan antar sesama.
Meskipun dalam pelaksanaanya ditemui beberapa kendala teknis, akan tetapi hal tersebut tidak menghambat proses pengerjaan soal bagi peserta didik. Karena di dalam ruangan terdapat teknisi dan proktor yang siap untuk mengatasi adanya kendala yang muncul saat berlangsungya peserta didik mengerjakan ujian.
Salah satu manfaat Ujian berbasis CBT adalah untuk mengurangi penggunaan kertas serta melatih siswa-siswi agar terbiasa menggunakan IT sehingga ketika menghadapi UN mereka tidak bingung" ujar Muhammad Zainuri”.
Sebagian besar peserta didik senang dengan ujian berbasis CBT, mereka semakin termotifasi untuk belajar dan melatih kejujuran. "Saya lebih menyukai ujian dengan menggunakan CBT karena jika saya menggunakan paper atau kertas biasanya saya kurang termotivasi untuk belajar, jika menggunakan kertas saya masih bisa  mengandalkan teman, tetapi kalau CBT kita harus mengerjakan sendiri, karena soalnya masing-masing siswa berbeda atau diacak sehingga saya terdorong untuk belajar lebih giat" ujar Rahma salah satu siswa putri kelas 7 MTsN Gresik. (abd)



Tinggalkan Komentar



© 2018 Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik : Berita Utama : PAS CBT MTsN Gresik; Peserta Didik Berlomba Menjadi yang Terbaik. All rights reserved.