(MTsN Gresik) penanganan sampah memang membutuhkan perhatian yang khusus dan serius. Menuju CSAM, Tim Adiwiyata Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik bersama Pokja Sampah dan Kompos melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Ngipik, Kawasan Lokasi Industri Petrokimia Gresik, Kec Kebomas. Tujuan kunjungan Tim Adiwiyata MTsN Gresik adalah dalam rangka study banding terkait penanganan dan pengolahan sampah. (Jum’at, 26/04)  
Di TPA Ngipik Kawasan Lokasi Industri Petrokimia Gresik, Kec Kebomas, ini tidak hanya sebagai tempat pembuangan sampah saja, tetapi juga terdapat tempat pemilahan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle), tempat pengomposan, pencacahan sampah plastik, kolam lindi, dan lainnya.  
Abdul Aziz, ketua Tim Adiwiyata dalam kunjungan tersebut menuturkan, kunjungan ke TPA Ngipik Kawasan Lokasi Industri Petrokimia Gresik, Kec Kebomas ini merupakan bagian dari program field trip yang dibuat oleh Tim Adiwiyata. Dimana dalam program field trip tersebut, para murid yang bergabung dalam Pokja Sampah dan Kompos diajak melakukan pembelajaran tentang penanganan dan pengolahan sampah.  
Setelah melakukan observasi dan tanya jawab serta mendapatkan materi tentang penanganan dan pengolahan sampah, Tim Adiwiyata dengan diwakili oleh Waka Kesiswaan Moh Mushoffan memberikan bantuan pupuk Propuri hasil pengolahan sampah menjadi pupuk kompos yang diproduksi oleh MTsN Gresik.  
Sebelum kembali ke madrasah, tim Adiwiyata menyempatkan swepping sampah di kawasan Industri Petrokimia seperti di sekitar lingkungan Masjid Nurul Jannah. Mereka dengan semangat mengambil sampah-sampah yang beserekan.  
Dengan melakukan study banding di Ngipik Kawasan Lokasi Industri Petrokimia Gresik, Kec Kebomas. Harapannya semoga kepedulian warga Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik terkait sampah semakin baik. Dengan mengoptimalkan peran Pokja Sampah dan Kompos maka inovasi-inovasi penanganan dan pengolahan sampah di MTsN Gresik semakin lebih baik. (abd)

Tinggalkan Komentar



© 2019 Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik : Berita Utama : Tim Adiwiyata MTsN Gresik Study Banding ke TPA Ngipik. All rights reserved.