(MTsN Gresik) Momentum idul adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah di maknai oleh umat muslim di seluruh dunia  dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Begitu juga dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik. Senin, (11/8)   "Kegiatan penyembelihan hewan qurban yang di lakukan MTs Negeri ini merupakan agenda rutin sekolah. Serta tidak lain untuk meneladani nilai-nilai dan sifat keikhlaskan Nabi Ismail dan ketaatan Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT,'' kata Ahmad Jamil.  
MTs Negeri Gresik pada idul kurban tahun ini menyembelih 3 ekor hewan sapi dan 2 ekor hewan kambing. Daging kurban itu rencananya  akan distribusikan untuk warga madrasah mulai dari karyawan, guru, peserta didik, serta lingkungan yang berada di sekitar sekolah Desa Metatu yang tidak mampu.  
"Hewan qurban iuran siswa tapi ada juga shohibul qurban dari guru dan bantuan dari instansi lainnya," ujar Santiaji. “Peserta didik diajarkan untuk berkurban dengan cara iuran, karena untuk berkurban sendiri dengan masih belum mampu,” tambah Ahmad Jamil.  
Di tempat pemotongan, yang berada di belakang madrasah (hutan madrasah), di penuhi oleh peserta didik yang sedang menyaksikan momentum sakral tersebut. Di tengah-tengah proses penjatuhan hewan qurban (sapi) spontan peserta didik lari dikarenakan hewannya mengamuk. Ustadz Malikussholeh melihat hal tersebut langsung mengajak peserta didik melantunkan takbir Allah Akbar, Allah Akbar wa Lillahilham. Hewan qurban beberapa saat akhirnya bisa tenang kembali. Pemotongan pun dilanjutkan oleh Abah Munif selaku ketua Komite MTs Negeri Gresik.  
Ahmad Jamil berharap, dengan adanya kegiatan ini siswa bisa mencapai karakternya yang berhubungan dengan praktik keagamaan dan kerjasama. "Praktik dalam pembelajaran Agama dapat, kerjasama dengan antar semua warga sekolah di lingkungan juga dapat," terang Dia. (abd)

Tinggalkan Komentar



© 2019 Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik : Berita Utama : Idul Adha, MTsN Gresik Sembelih Hewan Qurban. All rights reserved.