(MTsN Gresik) “NKRI Harga Mati” tertulis di spanduk kecil yang dibawa oleh peserta saat mengikuti apel pagi. Ya, hari ini adalah hari Santri. Di mana seluruh masyarakat dengan berbagai cara untuk memperingati dan memeriahkannya. Begitu juga dengan keluarga besar MTsN Negeri Gresik, dalam memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik menggelar aneka kegiatan untuk memeriahkannya.  
Kegiatan yang berlangsung hari ini dalam momentum peringatan Hari Santri Nasional 2019 adalah; apel pagi, membaca shalawat nariyah, pawai kirab, program pemenuhan gizi anak (4 sehat 5 sempurna), dan nonton film (sang Kyai).  
Bersamaan dengan berjalannya kegiatan, turut memeriahkan Group banjari dan Drumband Giri Sangkakala Nada yang mengiringi kegiatan pawai. Peserta pawai kirab dilepas langsung oleh Waka Kesiswaaan, Moh. Mushoffan, dengan menempuh perjalanan kurang lebih dua kilometer dengan rute start halaman MTsN Gresik menelusuri jalan raya Metatu, masuk Dusun Medangan, dan melewati beberapa gang pertama dan kembali ke Madrasah.  
Berakhirnya pawai kirab, peserta didik langsung menuju ke Aula atas untuk peserta didik laki-laki dan ke GPI untuk peserta didik perempuan. Meraka bersama-sama menyantap makanan yang di bawa dari rumah masing-masing. “ Makanan yang di bawa harus terdiri dari 4 sehat 5 sempurna, yakni terdiri dari nasi, daging, sayur, tempe tahu, buah, dan susu,” ungkap Ibu Syafa’ah selaku pembina UKS.  
Makan bersama tersebut merupakan program UKS dengan tujuan pemenuhan gizi anak. Di samping itu, “dengan makan bersama, peserta didik diajarkan saling berbagi sesama. Berbagai macam olahan makanan yang dibawa diharapkan makanan tersebut bisa dibagikan dengan teman yang lain,” tambah Syafa’ah.  
Pucak rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasioanl 2019 di MTsN Gresik yaitu nonton bareng. Berada di dua tempat, setelah menikamti makan bersama, seluruh peserta didik di ajak nonton bareng film Sang Kyai. Film tersebut menceritkan perjalanan jihad K.H Hasyim Asy’ari dan para santri yang berjuang dalam memerdekakan Negara Indonesa dari tangan penjajah.  
“Dari hasil nonton bareng, diharapkan peserta didik mampu mengetahui dan memahami perjuangan santri dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesai,” ungkap Mushoffan Waka Kesiswaan. (abd)

Tinggalkan Komentar



© 2019 Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik : Berita Utama : Kemerihan Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di MTsN Gresik. All rights reserved.